Otomotif

Semua yang Perlu Anda Tahu Terkait Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Rumah

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Bicara mobil listrik, bukan hanya orang Indonesia yang masih gagap. Orang Amerika juga cemas ketika diminta beralih ke kendaraan listrik setelah lebih dari 100 tahun menggunakan bensin.

Dua dari tiga kekhawatiran teratas tentang EV adalah seputar pengisian daya. Dalam penelitian, 60% responden survei AAA mengatakan tidak ada cukup tempat untuk mengisi daya. Sedangkan 58% khawatir kehabisan daya saat mengemudi.

Home Level 2 (240 volt) kotak pengisian dinding atau Peralatan Pasokan Kendaraan Listrik (EVSE) adalah solusi untuk ini, hampir menghilangkan kebutuhan pengisian publik untuk pemiliknya. Sebagian besar pengisi daya Level 2 dapat mengisi semuanya, kecuali kendaraan listrik terbesar dalam rentang waktu semalam yakni 8-10 jam. Tetapi ada jenis pengisi daya yang hampir sama banyaknya dengan EV itu sendiri.

Pengisi daya Level 2 adalah biaya tambahan karena sebagian besar produsen hanya menyediakan pengisi daya Level 1 dengan kendaraan, meskipun Tesla baru-baru ini menjadikan pengisi daya Level 1 opsional.

BACA JUGA:   Hyundai Genesis Electrified G80 Mulai Meramaikan Jalanan di Bali

Pengisi daya itu bekerja dengan baik untuk hibrida plug-in dengan baterai kecil. Tetapi mereka dapat memakan waktu puluhan jam untuk mengisi ulang EV 483 km.

Newsweek melaporkan, Ford F-150 Lightning hadir standar dengan Mobile Power Cord yang bagus tampaknya ideal daya pengisian 30 amp. Secara opsional, pembeli dapat memilih Ford Charge Station Pro, yang memerlukan pemasangan profesional, seharga Rp21 juta.

Chevrolet Bolt juga dilengkapi kabel pengisian Level 1, tetapi merekomendasikan untuk menambahkan Kabel Pengisian Level Ganda (standar pada Bolt EUV) untuk pengisian daya rumah yang lebih cepat jika pembeli memiliki akses ke stopkontak 240 volt. Chevrolet juga akan menanggung biaya pemasangan jika charger rumah Level 2 dibeli.

Untuk EV Mercedes-EQ, pengisi daya Level 1 adalah opsional. Itu tidak menawarkan Level 2 dari pabrik, tetapi merekomendasikan pengisi daya ChargePoint Home Flex, harganya Rp11,3 juta.

BACA JUGA:   300 Unit Wuling Air ev Dipercaya Layani Tamu KTT G20

Nissan baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan Wallbox, sebuah perusahaan pengisian kendaraan listrik. Sehingga pemilik Nissan Leaf 2023 dan Nissan Ariya 2023 yang akan datang dapat menambahkan pengisi daya Level 2 ke dalam pembeliannya.

Pengisi daya Level 2 yang tidak berasal dari produsen harganya berkisar Rp7,8 juta 500 dan Rp15,6 juta.

Demikian seputar pemasangan pemasangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di rumah. ***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"

Author

  • Iqbal Marsya

    Saya sudah lama bekerja sebagai wartawan. Awalnya di tahun 1999 bekerja di RRI Pro2 Jakarta, lalu melompat ke radio lokal. Tak lama, bergabung hampir 16 tahun dengan KORAN SINDO/SINDOnews. Kemudian ke kilat.com, indopos online, dan sekarang di KONTEKS.CO.ID

Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi