Lifestyle

Manfaat Membaca Tak Hanya Menambah Wawasan, Tapi Juga Mengurangi Depresi

JAJAK PENDAPAT

Siapa pilihan Capres 2024 kamu?

KONTEKS.CO.ID –¬†Membaca adalah kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa membaca dapat membantu mengurangi gejala depresi, mengurangi stres, meningkatkan empati, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan harapan hidup, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Salah satu manfaat membaca adalah dapat mengurangi gejala depresi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal “Plos One”, membaca dapat membantu mengurangi perasaan kesepian dan kecemasan pada orang yang mengalami depresi.

Hal ini disebabkan karena membaca dapat memungkinkan orang untuk melupakan masalah mereka sementara waktu dan memasuki dunia yang berbeda, sehingga mereka dapat merasa lebih tenang dan terhibur.

BACA JUGA:   Anda Harus Tahu, Ini Penyebab Umum Munculnya Daki di Tubuh dan Cara Mengatasinya

Selain itu, membaca juga dapat membantu mengurangi stres.

Saat membaca, otak kita terfokus pada cerita atau informasi yang sedang dibaca, sehingga membuat kita melupakan masalah atau kekhawatiran yang sedang dihadapi.

Selain itu, membaca juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan denyut jantung, yang merupakan tanda-tanda fisik dari stres.

Meningkatkan empati juga merupakan manfaat lain dari membaca.

Saat membaca, kita dapat memasuki pikiran dan perasaan karakter dalam buku tersebut. Hal ini dapat membantu kita memahami perasaan dan perspektif orang lain, yang dapat membantu meningkatkan empati dan pemahaman kita terhadap orang lain.

BACA JUGA:   Apa Itu Literasi?

Membaca juga dapat meningkatkan kecerdasan. Saat membaca, kita dapat memperluas kosakata kita dan meningkatkan kemampuan berpikir abstrak.

Selain itu, membaca juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya.

Manfaat lain dari membaca adalah dapat meningkatkan fungsi otak.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal “Neurology”, membaca dapat membantu meningkatkan koneksi otak dan mempertahankan fungsi otak yang sehat seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan kualitas tidur juga merupakan manfaat lain dari membaca. Saat membaca sebelum tidur, otak kita menjadi lebih rileks dan kita menjadi lebih mudah tertidur.

BACA JUGA:   Kenali Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Selain itu, membaca juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat mengganggu tidur kita.

Terakhir, membaca juga dapat meningkatkan harapan hidup.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan, membaca dapat membantu meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.

Hal ini disebabkan karena membaca dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kecerdasan, dan memperbaiki fungsi otak, yang semuanya dapat berkontribusi pada kesehatan dan harapan hidup yang lebih baik.***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"

Authors

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi