Digital

Kenali Perbedaan Spesifikasi dan Harga Trio Oppo Reno9

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Oppo baru saja mengumumkan kehadiran trio ponsel Reno9, yaitu Reno9 reguler dengan Snapdragon 778G; Reno9 Pro (Dimensity 8100); dan Reno9 Pro+ (Snapdragon 8+ Gen 1) dan tiga kamera di bagian belakang.

Reno9 Pro dan Reno9 Pro+ diluncurkan dengan RAM 16 GB sebagai opsi dasar. Ini adalah kapasitas besar yang pertama bagi seri Reno.

Oppo Reno9
Ponsel seri terendah dari keluarga Reno9 ini menghadirkan layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya mendukung kecepatan refresh rate 120Hz dan kecepatan pengambilan sampel sentuh 240Hz.

Masih soal layarnya, panel 10-bit memiliki cakupan gamut warna DCI-P3 100% dan mencapai kecerahan hingga 800 nits dalam mode reguler. Di samping itu kecerahannya mencapai 950 nits saat menampilkan foto HDR dan konten video HDR10+.

Bagian belakang ponsel memiliki desain yang mirip dengan seri Reno8. Tetapi kali ini kompleks kameranya rata dan hanya lensa yang menonjol.

GSM Arena menyebut Reno9 memiliki kamera ganda bersensor utama 64 MP dan 2 MP B&W. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera selfie 32 MP dengan autofokus.

Untuk operasionalnya, smartphone dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh dan mendukung pengisian cepat hingga 67W. Untungnya lagi, pembeliannya dilengkapi adaptor yang disediakan Oppo di kotak ritel.

Spesifikasi lainnya adalah ColorOS 13 berbasis Android 13, bodi ringan 174 gram, ketebalan 7,2 mm -belum termasuk kamera.

Oppo Reno9 ditawarkan dalam empat warna, yaitu Hitam, Emas, Gradien Merah Muda, dan Merah. Harganya mulai Rp3,5 juta untuk varian 8/256 GB.

BACA JUGA:   Infinix Zero Ultra dan Zero 20 Diluncurkan: Spesifikasi Keren, Harga Damai

Oppo saat ini sedang melakukan reservasi di situs webnya. Penjualan pertama akan berlangsung pada 2 Desember 2022.

Oppo Reno9 Pro
Anggota keluarga Pro memiliki banyak kesamaan dengan Reno9 biasa. Misalnya, bodi tipis yang sama, baterai 4.500 mAh, dan layar AMOLED 6,7 inch.

Perbedaan utamanya adalah chipset Dimensity 8100 5nm besutan Mediatek. Perbedaan lainnya, pengaturan kamera dan kehadiran MariSilicon X NPU. Ini adalah platform buatan Oppo sendiri untuk pemrosesan gambar tingkat lanjut, video 4K Night yang ditingkatkan, dan video 4K Ultra HDR.

Reno9 Pro memiliki kamera utama 50 MP f/1.8 dengan lensa 7P dan AF, dan kamera sudut ultrawide 8 MP f/2.2 bersama FoV 112 derajat. Kamera selfie memiliki sensor 32 MP yang sama dengan versi dasar.

Sementara Reno9 memiliki RAM LPDDR5 yang lebih cepat dan penyimpanan UFS 3.1 hanya dalam versi paling mahal, di sini tersedia dalam varian RAM 16 GB/ROM 256 GB dan opsi 16/512 GB.

Tersedia dalam warna Gradien Hitam, Emas, dan Merah Muda, Oppo Reno9 Pro dipatok harga mulai Rp7,7 juta.

Pra-penjualannya sedang masa pemesanan. Sementara penjualan resmi akan dimulai pada 2 Desember mendatang.

Oppo Reno9 Pro+
Bintang dari keluarga ini ialah Reno9 Pro+ (Plus). Di bagian depan memiliki layar AMOLED 6,7 inci yang sama dan sensor selfie 32 MP. Tetapi ponsel ini berdesain melengkung.

BACA JUGA:   Leica Luncurkan Leitz Phone 2, Harganya Melebihi iPhone 14

Oppo mempertahankan desain khas di bagian belakang, meskipun harus meningkatkan seluruh pulau kameranya. Kamera utama 50 MP f/1.8 memiliki lensa 6P, AF dan OIS.

Kamera ultrawide memiliki sensor 8MP dengan bidang pandang yang lebih luas -120 derajat- dan juga berfungsi sebagai kamera makro untuk gambar dekat (hingga 4 cm). Bukaan ketiga untuk sensor kedalaman 2 MP.

Reno9 Pro+ secara teknis adalah ponsel pertama dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang juga memiliki NPU MariSilicon X. Bahkan flagship Find X5 Pro menggunakan chip Qualcomm versi non-plus yang lebih lama.

Kemampuan AI Oppo, yang diberdayakan oleh chipset, akan membawa peningkatan substansial dalam kualitas warna dan detail yang lebih jelas.

Ponsel ini sedikit lebih tebal dan lebih berat. Itu mungkin karena kapasitas baterainya naik 4.700 mAh. Selain itu, baterainya mendukung pengisian cepat 80W melalui USB-C, dan Oppo juga menyertakan adaptor di dalam kotak.

Reno9 Pro+ hadir dalam warna Hitam dan Emas, dan Hijau Mint eksklusif yang. Ketiga warna tersebut tersedia dengan memori RAM 16 GB/ROM 256 GB dengan harga mulai Rp8,8 juta. ***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"

Author

  • Iqbal Marsya

    Saya sudah lama bekerja sebagai wartawan. Awalnya di tahun 1999 bekerja di RRI Pro2 Jakarta, lalu melompat ke radio lokal. Tak lama, bergabung hampir 16 tahun dengan KORAN SINDO/SINDOnews. Kemudian ke kilat.com, indopos online, dan sekarang di KONTEKS.CO.ID

Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi