Digital

Samsung Galaxy S23 Dikabarkan Punya Fungsi Komunikasi Satelit, Jiplak Apple?

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Samsung Galaxy S23 dipercaya akan dilengkapi dengan fitur komunikasi satelit. Fitur ini dijiplak dari keluarga iPhone 14.

Galaxy S23 nanti memiliki fitur mirip dengan Apple, yakni layanan Darurat SOS yang bekerja melalui satelit. Fitur komunikasi satelit sudah ada pada jalur iPhone 14 dan iPhone 14 Pro melalui kemitraan dengan Globalstar.

Kini Samsung membawa Galaxy S23 ke komunikasi satelit dengan menggandeng Iridium. Kemampuan satelit membantu pengguna ponsel flagship terhubung ke dunia luar saat kondisi darurat tanpa sinyal.

GSM Arena mengatakan, Iridium adalah konstelasi satelit orbit Bumi Rendah 66-kuat yang menyediakan layanan suara dan data. Samsung telah berupaya mengatasi tantangan teknis dalam menghadirkan komunikasi satelit ke smartphone selama dua tahun terakhir.

BACA JUGA:   Angka Penjualan Ponsel Pintar di Tahun 2022 Bisa Mengerikan

Dan sepertinya upaya Samsung berhasil dengan peluncuran keluarga Galaxy S23. Rumornya, pengguna S23 dapat mengirim pesan teks dan gambar kecil (dalam ratusan kbps) melalui satelit.

Seperti diketahui, tantangan utama dari ponsel satelit adalah mengecilkan antena. Sehingga dapat dipasang ke telepon pintar biasa tanpa menggandakan ukurannya.

Samsung tidak akan membawa fitur ini di Korea, karena lahan di sana kecil dan sudah sangat baik terlayani layanan 5G. Mereka berpikir fitur itu bisa menjadi sukses di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Rusia, dan China, terutama di bagian-bagian di mana infrastrukturnya tidak berkembang dengan baik.

BACA JUGA:   Trio Oppo Reno9 dalam Perbandingan Spesifikasi, Kelihatan Bedanya

Menurut bocoran dan rumor sebelumnya, keluarga Galaxy S23 secara eksklusif akan menggunakan versi lebih tinggi dari chipset Snapdragon 8 Gen 2 Qualcomm. Peluncurannya akan berlangsung pada minggu pertama Februari. ***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"

Author

  • Iqbal Marsya

    Saya sudah lama bekerja sebagai wartawan. Awalnya di tahun 1999 bekerja di RRI Pro2 Jakarta, lalu melompat ke radio lokal. Tak lama, bergabung hampir 16 tahun dengan KORAN SINDO/SINDOnews. Kemudian ke kilat.com, indopos online, dan sekarang di KONTEKS.CO.ID

Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi