Bola

Ronaldo Catat Sejarah saat Portugal Gebuk Ghana dan Klasemen Grup H Piala Dunia 2022

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Cristiano Ronaldo ciptakan sejarah baru saat Portugal menggebuk Ghana dan klasemen Grup H Piala Dunia 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Sejarah baru diciptakan Cristiano Ronaldo saat dia ikut mengantar tim nasional Portugal mengatasi Ghana 3-2 pada matchday 1 Grup H Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion 974, Doha, Kamis 24 November 2022 malam waktu setempat, Ronaldo menyumbang satu gol melalui titik penalti.

Pada laga ini, FIFA mencatat Portugal mendominasi laga dengan penguasaan bola mencapai 63 persen. Tapi pada babak pertama, Selecao das Quinas dan The Black Stars harus puas bermain tanpa gol.

Selepas turun minum, laga sempat terhenti pada menit ke-57 setelah adanya bentrokan antara Felix dan Alidu Seidu dengan si pemain Ghana menandukkan kepalanya ke arah pemain Portugal. Alidu Seidu lantas ditenangkan oleh rekan-rekannya dan harus menerima kartu kuning.

Momen besar bagi Portugal terjadi ketika Ronaldo dijatuhkan oleh Salisu di dalam kotak penalti pada menit ke-61. Sempat terjadi protes di antara para pemain Ghana setelah wasit Ismail Elfath memutuskan memberikan hadiah penalti untuk Portugal.

Namun, Wasit Ismail Elfath bergeming dengan keputusannya dengan tetap memberikan penalti untuk Portugal. Ronaldo, yang maju sebagai eksekutor, berhasil menjalankan tugasnya dengan mengirimkan bola ke arah kanan gawang Ghana tanpa mampu dijangkau oleh Ati Zigi.

BACA JUGA:   Ronaldo: Manchester United Tidak Ada Dalam Rencana Saya

Gol penalti pada menit ke-65 tersebut mengantar Ronaldo jadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di lima Piala Dunia berbeda melewati Lionel Messi, Miroslav Klose, Pele, serta Uwe Seeler. Sebelumnya Ronaldo sudah membukukan gol di Piala Dunia 2006, 2010, 2014, dan 2018 dengan torehan tujuh gol. Kini dirinya mengoleksi gol ke-8 di Piala Dunia.

Keunggulan Portugal atas Ghana tak berlangsung lama setelah The Black Stars menyamakan skor pada menit ke-73 melalui Andre Ayew. Portugal tak butuh waktu lama untuk kembali unggul atas Ghana via gol Felix pada menit ke-78.

Dua menit berselang, gantian pemain pengganti Rafael Leao yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa timnya menjauh dengan mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-80. Bruno Fernandes yang jadi arsitek gol kedua Portugal, mencatat asis keduanya.

Ghana membuka asa dengan gol tandukan dari Osman Bukari pada menit ke-89 usai menerima umpan silang dari Inaki Williams. Sebuah blunder dari Diogo Costa di injury time nyaris saja membuat gawang Portugal bobol jika dirinya tidak dibantu rekan-rekannya untuk mencegah aksi dari Inaki Williams yang terpeleset usai mencoba merebut bola dari Costa di kotak penalti.

Kemenangan akhirnya tetap menjadi milik Portugal. Atas hasil ini, anak asuh Fernando Santos memuncaki klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2022 dengan tiga poin. Mereka dikuntit Korea Selatan dan Uruguay yang memiliki satu poin di urutan kedua dan ketiga. Sedangkan Ghana terpaku sebagai juru kunci.

BACA JUGA:   Piala Dunia 2022: Messi Latihan Sendirian, Alarm buat Argentina?

Pada laga berikutnya di Grup H, Korea Selatan bersua Ghana di Education City Stadium, Al Rayyan, pada Minggu 28 November 2022 pukul 20.00 WIB. Sedangkan Portugal bentrok dengan Uruguay di Lusail Iconic Stadium, pada Senin 29 November 2022 pukul 02.00 WIB.***

Susunan pemain Portugal Vs Ghana

Portugal (4-3-3): 22-Diogo Costa; 20-Joao Cancelo, 4-Ruben Dias, 13-Danilo Pereira, 5-Raphael Guerreiro; 8-Bruno Fernandes, 18-Ruben Neves (15-Rafael Leao 77′), 25-Otavio (14-William Carvalho 56′); 10-Bernardo Silva (6-Joao Palhinha 88′), 7-Cristiano Ronaldo (26-Goncalo Ramos 88′), 11-Joao Felix (17-Joao Mario 88′)

Pelatih: Fernando Santos

Ghana (5-3-2): 1-Lawrence Ati Zigi; 26-Alidu Seidu (2-Tariq Lamptey 66′), 18-Daniel Amartey, 23-Alexander Djiku (8-Daniel-Kofi Kreyeh 90′), 4-Mohammed Salisu, 17-Rahman Baba; 20-Mohammed Kudus (11-Osman Bukari 77′), 21-Salis Abdul Samed (25-Antoine Semenyo 90′), 5-Thomas Partey; 10-Andre Ayew (9-Jordan Ayew 77′), 19-Inaki Williams

Pelatih: Otto Addo

Wasit: Ismail Elfath (AS)

Klasemen Grup H Piala Dunia 2022

Klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: wikipedia)


Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"
Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi