BolaHeadline

Hasil Piala Dunia 2022: Jepang Ganyang Jerman

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Berikut hasil Piala Dunia 2022 di mana kejutan bersejarah kembali terjadi kala Jepang mengalahkan Jerman di Grup E.

Jepang membuat sejarah baru. Itu setelah mereka menumbangkan Jerman 2-1 dalam laga pertama kedua kubu di penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam duel yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Rabu 23 November malam WIB, Jepang sukses membalikkan keadaan dari tertinggal 0-1 di babak pertama menjadi kemenangan 2-1 di akhir laga.

Untuk pertama kalinya sejak 1978, Jerman menelan kekalahan usai unggul di babak pertama dalam sebuah laga Piala Dunia. Waktu itu di Ronde Kedua Grup A, Jerman memimpin 1-0 atas Austria melalui Karl-Heinz Rummenigge pada menit 19. Tapi di babak kedua, Austria membalikkan keadaan menjadi 3-2. Tambahan gol Bernd Holzenbein buat Jerman pada menit 68 dibalas gol bunuh diri Berti Vogts (59’) dan brace Johann Krankl pada menit 66 dan 87.

Jalannya pertandingan di babak pertama menyajikan upaya Jerman arahah Hansi Flick membongkar taktik parkir bus Jepang yang dirancang Hajime Moriyasu. Die National Elf bahkan tercatat menguasai bola hingga 78 persen.

Pada menit 20, Joshua Kimmich melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti namun masih bisa ditepis Shuichi Gonda. Delapan menit kemudian, placing Ilkay Gundogan dari luar kotak 16 meter mampu ditangkap Gonda.

BACA JUGA:   Jadwal Liga Italia Malam Ini: Ada Juventus dan Lazio

Ilkay Gundogan membawa Die Mannschaft unggul 1-0 setelah mengonversi eksekusi 12 pas hasil dari kecerobohan Gonda atas David Raum di kotak terlarang. Di injury time babak pertama, Kai Havertz membobol gawang Jepang, tapi VAR menganulir karena posisinya offside.

Selepas turun minum, Jepang mulai bermain lebih terbuka guna mengejar ketinggalan. Tiga pergantian pemain dilakukan The Blue Samurai hingga menit 57. Jerman lantas mencatat peluang emas pada menit 60, tapi tendangan placing kaki kanan Gundogan membentur mistar gawang Jepang.

Pada menit 70, gawang Samurai Biru diberondong Jerman. Setidaknya empat kali Gonda sukses mementahkan peluang gol lawan yang masing-masing dilakukan Jonas Hoffman sekali, lalu tiga lainnya diupayakan Serge Gnabry.

Dua menit berselang ganti Jepang yang mendapat peluang emas tapi bisa dimentahkan oleh Manuel Neuer. Sejurus kemudian, gawang Jerman akhirnya dijebol The Blue Samurai oleh pemain yang baru masuk, Ritsu Doan, setelah ia memanfaatkan bola muntah tepisan Neuer.

Setelah kebobolan, Hansi Flick coba mengubah permainan timnya dengan memasukkan Niclas Fullkrug dan Mario Gotze untuk menggantikan Kai Havertz serta pemain muda bertalenta, Jamal Musiala.

Jepang lantas membalikkan keadaan untuk unggul 2-1 pada menit 84. Berawal dari umpan lambung dari daerah pertahanan sendiri, Takuma Asano yang baru masuk di babak kedua, menggiring bola ke kotak penalti dan melepaskan tendangan keras dari jarak dekat yang tidak bisa diselamatkan Neuer.

BACA JUGA:   Prediksi Skor Ekuador Vs Senegal: Piala Dunia 2022 Grup A, Link Live Streaming

Jerman tak bisa menyamakan kedudukan hingga wasit Ivan Barton meniup peluit panjang. Atas hasil ini, Jepang memimpin klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan tiga poin. Sedangkan Jerman berada di urutan buncit dengan nol poin.

Pada laga berikutnya di Grup E, Jepang bersua Kosta Rika di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada Minggu 27 November 2022 pukul 17.00 WIB. Sedangkan Jerman bentrok dengan Spanyol di Al Bayt Stadium, Al Khor, pada Senin 27 November 2022 pukul 02.00 WIB.***

Susunan pemain Jerman Vs Jepang

Jerman (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 15-Niklas Suele, 23-Nico Schlotterbeck, 2-Antonio Ruediger, 3-David Raum; 6-Joshua Kimmich, 21-Ilkay Guendogan (8-Leon Goretzka); 10-Serge Gnabry, 14-Jamal Musiala (9-Niclas Fullkrug), 7-Kai Havertz (11-Mario Gotze); 13-Thomas Mueller (18-Jonas Hofmann)

Pelatih: Hansi Flick

Jepang (4-5-1): 12-Shuichi Gonda; 19-Hiroki Sakai (10-Takumi Minamino), 22-Maya Yoshida, 4-Ko Itakura, 5-Yuto Nagatomo (9-Kaoru Mitoma); 6-Wataru Endo, 17-Ao Tanaka (8-Ritsu Doan); 14-Junya Ito, 15-Daichi Kamada, 11-Takefusa Kubo (16-Takehiro Tomiyasu); 25-Daizen Maeda (18-Takuma Asano)

Pelatih: Hajime Moriyasu

Wasit: Ivan Barton (El Salvador)



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"
Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi