KONTEKS.CO.ID – Telemarketing adalah bagian dari strategi marketing yang bekerja menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan melalui telepon.
Seseorang yang melakukan strategi ini biasanya disebut sebagai telemarketer. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, telemarketing digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan produk atau jasanya kepada pelanggan melalui telepon.
Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketing
1. Berkomunikasi dengan pelanggan
Tugas utama dari seorang telemarketer adalah melakukan komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi di sini mencakup segala hal, mulai dari menerima pesanan, menjawab pertanyaan dari pelanggan, mengatasi kekhawatiran pelanggan terhadap produk, serta memberikan saran kepada pelanggan.
2. Melakukan follow up
Dalam telemarketing, follow up adalah tugas yang harus dilakukan dengan maksimal. Tanyakan lagi kepada pelanggan terkait keinginannya untuk membeli produk atau jasa. Sebab, tidak semua pelanggan langsung memutuskan untuk membelinya karena ada berbagai faktor.
3. Menerima feedback
Setiap pelanggan tentu ada kritik ataupun saran yang ingin disampaikan terkait produk. Nah, telemarketer bertugas untuk menerimanya dengan baik. Setelah itu, tampung semua feedback tersebut dan diserahkan kepada atasan untuk bahan pengembangan produk.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"