KONTEKS.CO.ID – BMW telah melepas tirai dari superbike S1000RR 2023. Motor dibangun di atas mesin sama yang diperkenalkan pada 2019 tapi dengan lebih banyak tenaga, elektronik lebih canggih, sasis diperbarui, dan winglet milik M1000RR.
Mengenakan tiga corak baru, BMW S1000RR baru langsung dibedakan dari sepeda lama dengan sayap depan ganda yang membungkus lampu LED depan berkerut. Ini diklaim dapat mengurangi wheelies yang tidak diinginkan di trek dengan downforce tambahan hingga 10 kg.
Ada juga layar depan yang lebih tinggi dan bagian belakang yang lebih ringan, serta ditata ulang secara halus. Tetapi perubahannya jauh lebih dari sekadar kulit.
Sebagai permulaan, MCN menyebutkan, mesin 999cc inline empat yang dilengkapi ShiftCam telah naik ke 206,5bhp seperti yang diramalkan –sekitar 2,7bhp lebih banyak dari sebelumnya. Ini berkat pembaruan halus seperti port intake yang didesain ulang berdasarkan M1000RR.
Sprocket belakang juga kehilangan gigi ke 45 untuk memberikan traksi lebih banyak ke roda belakang, dengan quickshifter naik/turun -dapat diprogram sebagai shift jalan atau balapan- membantu menyalurkan tenaga ke tanah.
Untuk menjaga pengendara dalam kontrol ada elektronik yang lebih canggih, yakni menggunakan sensor sudut kemudi untuk memberikan slide terkontrol baik pada throttle dan di bawah pengereman. Fitur ini bisa digunakan saat berada di arena balap.
Dimulai dengan akselerasi, fungsi ‘Slide Control’ ditambahkan ke paket kontrol traksi motor. Ini memungkinkan pengendara untuk memilih dua sudut drift yang telah ditentukan sebelumnya.
Hingga sudut itu, motor dengan cerdik akan memungkinkan roda belakang tergelincir dan melakukan drift terkontrol, tanpa mengikuti gaya highside 500GP yang tidak diinginkan.
Untuk pengereman, mode ABS ‘Brake Slide Assist’ dan ‘Slick’ kembali menggunakan sensor sudut kemudi untuk memungkinkan Anda mengembalikannya ke tikungan dengan cara yang terkontrol. Sangat keren.
BMW juga telah mengubah sudut kepala kemudi sebesar 0,5 derajat – menurunkannya menjadi 66,4 derajat dari sebelumnya 66,9 derajat. Pabrikan juga telah mengurangi offset penjepit tiga kali 3 mm dan memperpanjang jarak sumbu roda menjadi 1.457 mm, naik dari 1.441 mm. Ini memperlambat kemudi dan menambah stabilitas pada kecepatan.
Beralih dari ujung depan, swingarm belakang underslung sekarang juga mendapat poros yang dapat disesuaikan sebagai standar. Ini akan membantu tim balap dan penggemar trackday membuat perubahan geometri belakang serta ketinggian berkendara yang diperlukan.
Sebuah fitur yang sebelumnya hanya tersedia pada versi M Sport, fitur lain dari RR baru termasuk baterai yang ringan, port pengisian USB, kontrol penahan tanjakan, mode berkendara untuk penggunaan trek dan jalan, pembatas pitlane, garpu upside down 45 mm yang ditingkatkan, dan TFT warna 6,5 ​​inci dengan tampilan diperbarui.
Ingin satu? Harganya mulai Rp293 juta dan naik menjadi Rp318 juta untuk model Sport.
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"