KONTEKS.CO.ID – Bank Central Asia (BCA) dinobatkan sebagai merek bank terkuat di dunia versi Brand Finance.
Brand Finance merupakan konsultan penilaian merek terkemuka di dunia.
Berdasarkan dari indeks kekuatan merek 2024, BCA mengantongi skor mencapai 93,8.
Ini menjadikan BCA menjadi satu-satunya bank Indonesia yang masuk 10 besar merek bank terkuat di dunia 2024.
Di posisi kedua, ada Equity Bank asal Kenya dengan skor 92,5.
Disusul di posisi ketiga ada dua bank yang memiliki skor sama yakni 92,3. Pertama Banca Transilvania asal Rumania dan First National Bank asal Afrika Selatan.
Kenya Commercial Bank berada di urutan ke-5. Bank asal Kenya ini mendapat skor 91,5.
Di posisi enam ada bank asal China, ICBC dengan skor 89,8.
Selanjutnya, ada dua bank dengan skor sama, 89,1. Pertama bank asal Afrika Selatan, Capitec Bank dan Vietcombank asal Vietnam.
Di posisi 9 ada Bank of China dengan skor 88,9 dan CTBC Bank asal Taiwan dengan skor 88,8.
Melansir dari laman Brand Finance, merek perbankan lokal terbukti lebih kuat dibandingkan merek global.
“BCA di Indonesia menduduki peringkat merek perbankan terkuat di dunia,” tulis mereka terlansir pada Kamis, 28 Maret 2024.
Penilaian CEO Brand Finance
Melihat hal ini, pemimpin sekaligus CEO, Brand Finance, David Haigh mengatakan, bank-bank lokal semakin mengungguli bank-bank besar dalam hal kekuatan merek.
“Wawasan penting lainnya dari data tahun 2024 kami adalah bahwa bank-bank lokal semakin mengungguli bank-bank besar dalam hal kekuatan merek,” katanya.
Penelitian dari Brand Finance menunjukkan, bank-bank lokal dan regional mempunyai kinerja yang sama baiknya.
Malah dalam banyak kasus, bank lokal justru mengungguli – bank-bank global dalam hal memposisikan merek mereka di hati dan pikiran pelanggan.
“BCA di Indonesia adalah merek perbankan terkuat di dunia dengan skor Indeks Kekuatan Merek 93,8/100 dan peringkat elite AAA+,” tulis Brand Finance.
Tiga merek Afrika, Equity Bank, First National Bank, dan Kenya Commercial Bank, serta Banca Transilvania dari Rumania semuanya berada di peringkat 5 besar merek terkuat secara global, dengan peringkat AAA+.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"