KONTEKS.CO.ID – Trafik Lebaran 2024 sudah Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) antisipasi. Mereka menghadirkan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
Melalui program “Unparalleled Network Services Guaranteed”, Indosat ingin memastikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat. Mulai dari perjalanan mudik hingga sampai di tujuan.
Demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari kemenangan, jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga mendapat dukungan infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning. Serta efisien dari sisi penggunaan energi serta sumber daya manusia yang andal.
“Untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal, kami telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, di Jakarta, Rabu 3 April 2024.
Optimalisasi ini juga mendapat dukungan oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa.
“Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman mengesankan dengan layanan kami. Khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami beroperasi,” klaimnya terkait trafik Lebaran 2024.
Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa terproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% ketimbang rata-rata trafik harian sepanjang 2024.
Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung.
Lonjakan trafik data terdorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat. Mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram. Hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.
Persiapan Indosat Mengantisipasi Trafik Lebaran 2024
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32% lebih besar daripada rata-rata kapasitas harian.
Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga terantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51.000 km dan lebih dari 224.000 km akses metro fiber optic guna memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita.
Sementara itu, SVP of Network Operations at Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio, mengatakan, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas. Seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.
Agus juga menegaskan kesigapan lebih dari 2.000 petugas teknis Indosat di lapangan. Tertambah lagi dengan tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun.
Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024. Serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang terperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.
Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya.
Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"