KONTEKS.CO.ID – Pengalaman belanja di Tokopedia. Viral di media sosial seorang pelanggan Tokopedia curhat pengalaman buruk beli MacBook di platform tersebut.
Pelanggan Tokopedia ini membagikan pengalamannya membeli MacBook di platform X, sebelumnya bernama Twitter.
Berdasarkan unggahannya, akun @ambar_AWP, mengklaim ia membeli perangkat laptop Apple dengan jasa pengiriman GoSend. Kiriman sudah berstatus terterima oleh pelanggan, sementara ia mengaku belum menerimanya.
Sayangnya, baik Tokopedia maupun Gojek tak merespons keluhan @ambar_AWP. Merasa putus asa, lini masa X pun jadi jalan keluar terakhirnya.
“Ada yang pernah belanja di @tokopedia kirim by @gojekindonesia tapi barangnya ga sampe? Ini aku beli macbook tapi tulisan pesanan terterima padahal barangnya belum sampai di aku. Coba hubungi @TokopediaCare via aplikasi ga ada tanggapan lagi, via dm ga dibalas,” curhat @ambar_AWP, terlihat Rabu 3 April 2024.
“Jadi aku beli laptop di tokohapedia. Sellernya kirim by gosend. Di pickup oleh driver atas nama ‘MH’. Ini ktp dan foto driver dikirim sama seller tokohapedia,” ujarnya lagi.
Kronologis Driver Gojek Klaim Pesanan Sudah Diterima
Kronologisnya, pukul 18.52 WIB driver masih jauh dari titik lokasi tempat pelanggan. Ada estimasi masih 18 menit lagi baru akan sampai. “Jam 17.02 tiba2 tulisan ‘pesanan terterima’ padahal posisi aku lagi pantau secara live tuh lokasi ia masih jauh,” cetusnya.
Driver pun menyertakan bukti foto ‘pesanan diterima’ yang dengan gambar buram blur dan tidak ada terlihat orang menerima barang.
Pelanggan pun mencoba menghubungi driver Gojek. “Nmr tlp driver 08126942**** yg tertera pada aplikasi langsung ku tlp pakai telpon rumah (021) awalnya 3x masih nyambung tetapi percobaan 4 tidak aktif,” kata @ambar_AWP.
Pelanggan langsung mencoba mengajukan banding ke Tokopedia saat itu juga. Lalu pukul 00.21 ia mengajukan diskusi untuk memperkuat banding, tapi pukul 03.00 pagi pihak kurir menolak banding dan bilang barang sudah diterima.
“Akhirnya aku ajuin banding lewat dm @TokopediaCare
tidak ada balasan sampai sekarang. Dan via aplikasi @tokopedia juga belum ada kelanjutan pada diskusi,” tandasnya.
Pelanggan juga sudah mencoba menghubungi @gojekindonesia terkait kejadian ini. Namun pihak Gojek belum bisa membantu bertanggung jawab jika belum ada laporan dari Tokopedia. Mereka tidak merima laporan dari pelanggan langsung.
Curhatan pengalaman belanja di Tokopedia @ambar_AWP di X pun mendapat respons warganet. Sudah lebih dari 1.400 komentar yang merespons dan telah di re-tweet sebanyak 8.900 kali di lini masa X.
Akhirnya Tokopedia Merespons Pengalaman Belanja di Tokopedia
Setelah viral di dunia maya, akhirnya pihak Tokopedia menanggapi keluhan pelanggannya itu. @ambar_AWP pun berterima kasih kepada warganet yang mau membantunya melacak nasib MacBook yang ia beli seharga lebih dari Rp26 juta itu.
“Update‼️ Hallo, utk update terbaru pihak tokped sudah menghubungi saya via dm dan meminta untuk tunggu sampai tgl 4 untuk bisa proses lebih lanjut karena masih tahap investigasi. Di aplikasi pun sama, aku masih ajukan banding. Pesanan blm terterima dan aku pakai asuransi yaa,” tulisnya. ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"