KONTEKS.CO.ID – TikTok Shop kembali hadir di Indonesia mulai hari ini Selasa, 12 Desember 2023. Hadir dengan layanan jual beli melalui program Beli Lokal. Program ini bekerja sama dengan Tokopedia.
Kabar baik ini tentu disambut gembira, terutama oleh para penjual (seller) dan affiliator yang aktif di aplikasi TikTok.
Persiapan Seller Kembali Berjualan di TikTok Shop
Para seller TikTok Shop diberikan beberapa panduan yang perlu dipersiapkan sebelum memulai kembali aktivitas berjualan di program Beli Lokal.
Mengacu pada panduan dari TikTok Shop, beberapa poin penting menjadi fokus:
- Kelola Produk dan Stok
- Penambahan produk dan pengecekan status produk yang ada.
- Memastikan detail produk seperti nama, gambar, atribut, dan deskripsi sudah lengkap.
- Perbarui stok produk dan sesuaikan harga di TikTok Shop.
- Kelola Opsi Pengiriman
- Penentuan berat dan dimensi produk dengan baik.
- Pengecekan ulang opsi pengiriman, baik melalui platform maupun pengiriman oleh seller sendiri.
- Pengaturan metode pembuatan tanda terima pada transaksi.
- Kelola Promosi dan Kolaborasi Afiliasi
- Penentuan jumlah produk yang akan dipromosikan.
- Kolaborasi dengan afiliasi dan pengecekan aktivitas promosi di akun TikTok Shop.
- Kelola Customer Service
- Mengelola akses tim Customer Service untuk menangani keluhan pembeli atau kesulitan pembeli.
- Pengelolaan daftar FAQ dan aktivasi asisten chat bot.
- Menghubungkan produk ke Video Penden dan sesi LIVE! di TikTok.
Program Beli Lokal
Kembalinya TikTok Shop di Tanah Air pada hari ini 12 Desember 2023 sejalan dengan program Beli Lokal, yang merupakan kerja sama antara Tokopedia dan TikTok.
Program ini diselaraskan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan akan mendapat pengawasan dari lembaga terkait.
Dukungan untuk UMKM melalui Kerja Sama
Melalui kemitraan TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo, terdapat sejumlah dukungan yang ditujukan untuk UMKM Indonesia. Dukungan tersebut antara lain:
- Promosi produk Indonesia di Tokopedia dan TikTok.
- Pengembangan kapasitas dan kompetensi UMKM melalui program yang mendukung berbagai aspek dari produksi hingga penjualan.
- Dukungan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan.
- Mendukung pelaku usaha lokal dalam mempromosikan produknya secara internasional.
Untuk memastikan kelangsungan langkah-langkah yang telah terambil dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital.
PT Tokopedia akan membentuk sebuah komite yang akan memfasilitasi transisi dan integrasi. Komite ini akan terpimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"